Untitled Document
Untitled Document

Penduduk, Adat Istiadat dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung

kalimantan utara salah satu kabupaten di provinsi tersebut yang juga waib kita kanal dengan potensi wisata yang juga perlu dikembangkan lagi dan di promosikan ke seluruh nusantara dan luar negeri untuk menunjukan bahwa indonesia masih kaya dengan wisata alam yang indah.



Kabupaten Tana Tidung merupakan pemekaran dari Kabupaten Bulungan. Nama kabupaten ini sangat unik, yaitu Tana Tidung yang berasal dari kata Tidung Pale yang dalam bahasa Tidung, "Tideng" artinya Gunung dan "Pale" memiliki arti tawar atau hambar, maka jika digabungkan bermakna "Gunung Hambar". Gunung Hambar memiliki maksud bahwa dibawah kaki gunung tersebut mengalir Sungai Sesayap. Dimana gunung tersebut adalah pembatas aliran sungai Sungai Sesayap yang pada saat musim kemarau terdiri dari air sungai yang berasa tawar dan air sungai yang berasa asin, maka disebutlah Tideng Pale atau gunung pembatas antara air tawar dan air asin. Nama Tanah Tidung berasal dari bahasa Belanda Afdeeling Tidoengschelanden yang artinya Afdeling Tanah Tidung.

Foto Foto Kabupaten Tana Tidung








Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai wilayah Kabupaten Tana Tidung, mari kita ramaikan provinsi perbatasan paling utara indonesia di kalimatan utara.