Untitled Document
Untitled Document

Air terjun Semolon

tempat wisata sarat keunikan dan menjadi tempat wisata andalan penduduk di pinggiran negeri seperti Malinau.

Sebelum mencapai lokasi menakjubkan ini, pengunjung harus melewati lembah curam dengan tanah gambut khas Kalimantan. Selama perjalanan, panorama hutan tropis Kalimantan alami memuaskan pandang. Jarak yang harus ditempuh dari pusat kota hingga lokasi air terjun sekitar dua jam menggunakan motor. Dengan catatan, cuaca mendukung.

Setibanya di lokasi, rombongan langsung disuguhi pemandangan luar biasa. Curahan air terjun Semolon begitu bening mengalir di bebatuan yang tersusun alami. Kesegaran air juga terasa ketika langkah kaki mulai menyentuh aliran air terjun. Batu yang tersusun berundak-undak alami menjadi ciri khas Semolon.

Berbeda dengan air terjun lainnya, di Semolon setiap tingkat memiliki tinggi sekitar dua meter dan pengunjung bebas menaiki undakan untuk merasakan kesegaran air terjun Semolon. Sembari menikmati kesegaran air terjun pengunjung dapat berfoto untuk kenang-kenangan pernah berkunjung ke air terjun di pinggiran negeri ini.

Keunikan akan kembali muncul di air terjun Semolon jika naik menyusuri sungai sekitar, maka akan ditemukan lokasi sumber air panas (Semolon hot waterfall). Sumber air panas ini merupakan yang terbesar di Kabupaten Malinau. Pengunjung bisa mandi di sumber air panas tersebut yang konon dapat menyembuhkan beragam penyakit seperti penyakit kulit melalui aliran air yang tenang dan hangat. Pengunjung juga bisa menginap dengan memanfaatkan fasilitas yang disedikan di sekitar lokasi wisata.

Air terjun Semolon dengan segala keunikan, keindahan, dan keberadaannya memberikan pengalaman tidak pernah terlupakan bagi rombongan kami. Mungkin inilah satu-satunya tempat wisata yang menjadi primadona bagi penduduk Indonesia di perbatasan seperti Malinau. Bersyukur bisa mengunjungi tempat ini saat menjadi guru program sarjana mengajar di perbatasan.

sumber http://infowisatakaltara.blogspot.com/