Untitled Document
Untitled Document

Adat Istiadat dan Kebudayaan Kabupaten Malinau 

Dan yang terakhir saya akan jelasakan sedikit tentang kabupaten Malinau yang juga merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi kalimantan utara, perkembangan kabupaten ini juga sudah mulai berjalan dan kini juga saatnya melalui situs wisata kaltara  ini anda bisa mengetahui berbagai macam kebudayaan yang ada disini.


>
 
Ibu kota Kabupaten Malinau terletak di Kota Malinau. Kabupaten ini juga sering disebut Bumi Intimung. Awalnya Malinau adalah sebuah wilayah yang dihuni oleh suku Tidung, yang kemudian dalam perkembangannya daerah ini menjadi sebuah desa, kemudian berkembang menjadi kecamatan sampai akhirnya berkembang menjadi sebuah kabupaten. Nama Malinau lahir dari sebuah ketidaksengajaan pada percakapan antara rakyat dengan bangsa Belanda. Kala itu Belanda yang datang bertanya mengenai nama sungai yang mengalir di desa tersebut. Rakyat yang tengah membuat sagu (Mal) dari pohon aren (Inau) tidak mengerti apa yang ditanyakan oleh bangsa Belanda tersebut, mereka hanya mengira-ngira saja apa yang ditanyak kemudian menjawab Mal Inau yang artinya tengah membuat sagu aren. Namun ternyata Belanda mencatat nama tersebut dan dipakai untuk menamai daerah tersebut.

Suku bangsa asli Malinau ada beberapa, diantaranya adalah suku Dayak Tidung, suku Dayak Kenyah, suku Dayak Burusu, suku Dayak tagal, suku Dayak Merap, suku Dayak Punan, suku Dayak Abay, dan suku Lun Bawang/Lun Dayeh.

Foto Kabupaten Malinau Kalimantan Utara






Itu tadi sekilas informasi dari situs wisata kaltara sampaikan tentang kabupaten malinau kota malinau, kalimantan utara, indonesia yang wajib juga anda kenal sebagai kabupaten paling utara di indonesia.