Untitled Document
Untitled Document

Air terjun Martin Billa

Wisata air terjun Martin Billa merupakan salah satu tempat wisata terindah yang ada di Kalimantan Utara, Indonesia. Air terjun ini berjarak sekitar 100 km dari Ibu Kota Kabupaten Malinau dan 30 km dari desa Long Loreh, Kecematan Malinau Selatan. 

Air terjun yang memiliki tinggi 70 meter ini berada di tengah hutan tropis dan mulai dikelola oleh pemerintah sejak Martin Billa menjabat sebagai Bupati selama 2 periode berturut-turut, itulah sebabnya air terjun ini dinamakan air terjun Martin Billa.

arena jaraknya yang jauh dari Ibu Kota sekitar 3 jam naik mobil membuat wisata ini masih kurang dikunjungi oleh wisatawan luar Kabupaten Malinau. Selain trasportasi, jalan menuju kesana juga masih berkerikil itupun melalui jalan hauling pertambangan batubara.

Jika Anda berniat berkunjung ke air terjun Martin Billa, sebaiknya tidak menggunakan kendraan roda dua tapi Anda harus menggunakan roda empat alias mobil, karena sepanjang perjalanan dari Malinau ke Long Loreh penuh dengan debu yang disebabkan oleh truck muatan batubata yang lalu-lalang. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua sesaat setelah turun hujan karena jalan tidak berdebu, tapi kalau Anda nekat menerobos debu dimusim panas, saya ingatkan, jangan lupa siapkan masker, jaket dan helm standar (helm yang ada kacanya didepan).

Memang perjalanan cukup melelahkan, tapi setibahnya di sana semuanya rasa lelah hilang seketika terbayar dengan keindahan air terjun dan alam hutan tropis yang masih asli di sekitar air terjun Martin Billa. Selain itu, ada juga Air terjun semolon yang juga dikelola oleh Martin Billa.

sumber http://infowisatakaltara.blogspot.com/