Untitled Document
Untitled Document

Wisata Gunung Putih


Kalimantan adalah salah satu pulau yang merupakan bagian dari Negara Indonesia. Banyak yang mengatakan Indonesia adalah surganya dunia. Mengapa? Karena sumber daya alam yang terletak di Indonesia, khususnya di daerah Kalimantan dan Papua. Kedua daerah inilah yang memberikan kontribusi yang sangat besar bagi berkembangnya Negara Indonesia.

Kalimantan merupakan daerah yang masih jarang terjamah oleh Pemerintah, bukannya tidak ada. Telah terdapat banyak orang yang mengambil keuntungan pribadi dari kekayaan alam di Indonesia. Namun, masih banyak kekayaan alam yang memang belum terjamah oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, khususnya di daerah pedalaman Kalimantan.

Salah satu provinsi yang terletak di Kalimantan, adalah Kalimantan Utara, yang baru terbentuk di tahun 2013 ini, beberapa bulan yang lalu. Ibukota Provinsi Kalimantan Utara adalah Kabupaten Bulungan. Tentu masih ada beberapa keindahan alam yang dapat dikatakan sebagai objek wisata.

Objek wisata di Kabupaten Bulungan dapat digolongkan dalam beberapa kategori, contohnya adalah wisata history (museum, kesultanan, dsb), wisata alam (pulau nibung, gunung putih, pemandian air panas, air terjun, dsb), wisata ziarah (makam kesultanan), dan masih banyak lagi objek wisata lainnya.

Dari berbagai macam wisata yang ada, kali ini saya akan memfokuskan diri pada wisata alam, khususnya gunung putih. Gunung putih adalah salah satu gunung yang terdapat di Kabupaten Bulungan, tepatnya di Tanjung Palas.

Gunung putih ini masih seperti sedia kala, yang berbeda hanya saat ini telah dibangun tangga untuk mempermudah para wisatawan untuk mendaki gunung tersebut. Selain itu, telah disediakan beberapa pondok untuk berteduh ketika mendaki, yang dibangun di titik-titik tertentu yang diperkirakan sebagai titik tempat wisatawan butuh untuk beristirahat. Dan di gerbang pendakian, telah ada beberapa permainan untuk menghibur anak-anak yang berkunjung ke gunung putih.

Di gunung putih ini terdapat gua yang bukan sengaja dibuat, tetapi memang telah ada (terbentuk oleh alam). Pada pintu masuk gua ini telah dipasang pagar agar pengunjung tidak sembarangan masuk begitu saja, serta telah dibangun tangga juga di dalam gua tersebut untuk mempermudah para wisatawan.

Ketika kita berkunjung ke gunung putih, kita dapat melupakan kepenatan perkotaan, kejenuhan pekerjaan, dan beban pikiran lainnya. Kita akan kerasakan relaksasi bagi diri, yang tentu saja sangat baik untuk menghindari stress.

sumber http://infowisatakaltara.blogspot.com/